WA 0895634422166|cs@invesh.id

5+ Reksadana Saham Syariah Terbaik 2019

Buat teman Invesh, inilah 10 daftar reksadana saham syariah terbaik 2019. List reksadana terbaik berikut ini merupakan hasil screening dari puluhan produk yang memiliki imbal hasil paling tinggi secara YTD.

Sama halnya ketika kita berinvestasi langsung di saham, reksadana saham juga demikian dimana yang memiliki keuntungan terbaiklah yang sebaiknya dipilih. Namun bukan cuma itu, resikonya juga harus bisa diukur dan paling tidak memilih yang paling minim resiko.

Resiko mungkin tidak bisa dihindari, oleh karena itu sebisa mungkin melihat track record dari fund manager bersangkutan.

Fungsinya apa? Ya, sudah pasti untuk tau seberapa baik kinerjanya saat ini. Jangan sampai untung yang diperoleh saat ini hanya karena kebetulan saja memilih saham yang tepat, bukan karena kemampuan dari tim Wakil Manager Investasinya.

Dengan kata lain, tips pertama yang harus diperhatikan saat memilih produk reksadana adalah soal ‘siapa fund manager di balik produk tersebut?’

Dan perlu diketahui juga bahwa reksadana itu bermacam-macam. Jangan berpikir bahwa hanya ada satu jenis saja.

Ada yang namanya reksadana campuran yang mana dana dari investor dikelola pada beragam investasi, tanpa menetapkan harus di properti, saham atau yang lainnya.

Ada juga reksadana pasar uang. Kalau yang satu ini pengelolaan dananya khusus pada investasi pasar uang, seperti obligasi, sukuk dan lainnya.

Yang ketiga adalah reksadana pendapatan tetap. Diambil dari namanya, jenis ini memberikan keuntungan yang tetap untuk investornya. Jadi di awal sudah ditentukan berapa persen yang akan diterima dan setiap apa diberikan.

Untuk pilihan yang ketiga sudah jelas tidak syariah. Karena, keuntungan dalam Islam seyogyanya diambil dari hasil yang diusahakan dan bukan ditentukan di awal. Inilah yang disebut dengan riba.

Terakhir adalah persis yang kita bahas di artikel ini, yaitu reksadana saham. Pengelolaan dananya sudah jelas hanya pada saham. Dan mengenai syariah tidaknya tinggal pilih produk yang tepat saja.

Dan berikut ini adalah daftar terbaiknya yang teman2 cari:

5+ Reksadana Saham Syariah Terbaik 2019

  1. Danareksa Syariah Saham (21,98)
  2. BNI-AM Dana Saham Syariah Musahamah (19,96)
  3. Victoria Saham Syariah (8,43)
  4. Reksa Dana Syariah Simas Saham Syariah (7,48)
  5. TRIM Syariah Saham (7,37)
  6. Simas Syariah Unggulan (5,96)
  7. Pacific Saham Syariah II (4,62)
  8. Pinnacle Indonesia Sharia Equity Fund (4,42)
  9. Minna Padi Indraprastha Saham Syariah (2,90)
  10. Reksa Dana Syariah Capital Sharia Equity (-0,11)

Itulah 10 daftar produk reksadananya. Dan karena screening kita dari yang syariah saja, sehingga 10 terbaik yang disebut tetap ada yang minus. Ya, karena itulah 10 teratas dan setelahnya lebih rendah lagi profitnya.

Berdasarkan urutan daftar di atas, inilah perusahaan fund manager yang mengelola produk-produk reksadana syariah di atas:

  • Danareksa Syariah Sahamdaftar reksadana syariah terbaik
  • BNI-AM Dana Saham Syariah Musahamah
  • Victoria Saham Syariah
  • Reksa Dana Syariah Simas Saham Syariah
  • TRIM Syariah Saham
  • Simas Syariah Unggulan
  • Pacific Saham Syariah II
  • Pinnacle Indonesia Sharia Equity Fund
  • Minna Padi Indraprastha Saham Syariah
  • Reksa Dana Syariah Capital Sharia Equity

Di smaping merujuk dari rekomendasi seperti ini, Anda juga bisa berburu profil dan testimoni perusahaannya di berbagai media sosial dan forum. Jadi pastikan tidak membeli kucing dalam karung.

Dan perlu juga diketahui, bahwa sekalipun fokusnya pada saham, tapi sebenarnya tidak 100% dana investor dimasukkan dalam instrumen investasi tersebut. Umumnya, hanya 80% saja yang masuk dalam portofolio mereka, sisanya dalam bentuk cash untuk jaga-jaga.

Jangan heran, karena dalam manajemen resiko investasi hal ini penting dilakukan. Bahkan, oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) cara ini wajib dilakukan untuk melindungi dana nasabah.

Dan bicara soal kesuksesan, karena ini merupakan salah satu bidang ilmu juga, maka ada beberapa faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya seorang investor.

Salah satu faktor pentingnya adalah pengalaman, alias jam terbang berinvestasi di jenis reksadana ini.

Kalau ilmu mungkin bisa didapat dari baca buku atau artikel di berbagai blog, tapi pengalaman tidak bisa seperti itu. Anda harus terjun dulu di dunia ini. Ya, paling tidak 2-3 tahun.

Setelah banyak pengalaman, biasanya baru akan paham alurnya dan timing yang pas untuk mulai membeli atau menjual kembali reksadana syariah yang sudah dibeli.

Jadi, menyambung tips pertama saya di atas. Kalau mau sukses cuan dari reksa maka pastikan tidak hanya membaca buku, tapi menimba pengalaman trading sebanyak mungkin.

Akhir kata, penulis hanya ingin menyampaikan bahwa ‘uangmu, resikomu!’. Artinya, apa pun keputusan yang kamu ambil dari dana yang kamu kelola maka keuntungan dan resikonya akan ditanggung oleh Anda sendiri.

Dan yang paling penting saya sampaikan bahwa reksadana sebenarnya ibarat tangan kedua dari jalur penanaman modal. Untungnya tentu tidak akan sebanyak kalau kamu jadi tangan pertamanya langsung, yaitu dengan langsung berinvestasi saham sendiri tanpa perantara fund manager.

Yah, menurut hemat saya sih seperti itu. Kan kalau untung misalnya 20% di saham, maka untungnya semua ke anda, tanpa harus dibagi oleh perantara pengelola dananya.

Jika belum paham caranya, mudah saja, cukup miliki video tutorial investasi saham yang disediakan di blog ini dan blog Analis.co.id.

Atau solusi lainnya, kalau tidak tau cara analisis sendiri atau mungkin malas membaca laporan keuangan, maka bisa ikut program ‘Yuk Nabung Saham!’ yang telah kami sediakan. Pastinya lebih baik dari reksa karena selain menguntungkan, juga bisa punya banyak teman dari grup.

Oke sobat Invesh! Jika ada pertanyaan dan ilmu terkait soal Reksadana Saham Syariah Terbaik 2019 ini, jangan sungkan bertanya via komentar di bawah.

About the Author:

Semua investasi ilmu dan ikhtiar ini hanya untuk mengabdi pada-Nya, sang Mahatahu. Dan goals terbesarku dalam petualangan di dunia maya adalah membangung lembaga pendidikan Qur’ani, semata menjalankan perintah Iqra'Nya, akar dari segala kesuksesan dunia dan akhirat.

Leave A Comment

[/fusion_text]
BUY AVADA NOW!
[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

This Is A Custom Widget

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.