WA 0895634422166|cs@invesh.id

Reksa Dana BCA, Mandiri, BNI dan BRI. Memahami Perbedaan dan Persamaannya!

Anda pemula? Pasti bertanya apa perbedaan dan persamaan reksa dana BCA, Mandiri, BNI dan BRI. Secara, keempatnya adalah dari perusahaan bank yang berbeda.

Sebelum itu, mari teman-teman cari tau dulu apa itu reksadana? (Silahkan dibaca artikelnya). Buat yang belum paham pengertian dan jenis dari reksa dana yang ada di Indonesia.

Pada dasarnya reksa dana merupakan salah satu produk investasi yang bisa dibilang menguntungkan. Karena, imbal hasil dari reksadana bisa dibilang tergolong tinggi, bahkan bisa lebih tinggi dari deposito.

Selain itu, modal minimum untuk memulai tanam reksa bisa dibilang cukup ringan. Bahkan dengan modal minimal Rp100.000 saja sudah bisa mulai buka rekening.

Dan bicara soal resiko, dibanding dengan langsung berinvestasi di saham, maka reksadana jauh lebih aman dan minim resiko.

Tapi tunggu dulu! Itu kalau kamu memang tidak tau sama sekali cara menganalisa saham. Buat yang sudah master, maka itu hal yang paling mudah bagi mereka.

Dalam banyak testimoni yang tersebar di berbagai media sosial, forum dan lainnya, orang-orang yang sudah ahli banyak yang memilih meninggalkan reksadana karena untung yang mereka dapat lebih tinggi dari saham.

Coba kita perhatikan, kalau seseorang main saham maka tingkat maksimal kenaikan dari tiap saham di Bursa Efek Indonesia bisa sampai 35%, sedangkan reksa belum tentu bisa seperti itu. Apalagi yang manajemen portofolionya sampai puluhan saham.

Namun, semua kembali pada ilmu, pengalaman dan pilihan dari tiap investor. Keduanya menguntungkan sekaligus beresiko, tergantung pilihan manager investasi atau sahamnya. Jika dilakukan dengan gegabah tentu saja resikonya besar.

Oke, kembali ke materi inti!

Lalu Apa Perbedaan dan Persamaan Reksa Dana BCA, Mandiri, BNI dan BRI?

Sahabat Invesh bisa dengan mudah memahami apa persamaan dari keempat perusahaan tersebut dalam hal reksadana jika paham alur dari investasi ini sendiri.

Perlu diketahui bahwa reksa dana merupakan investasi tidak langsung. Berbeda dengan kalau Anda inves di properti atau saham, maka itu sifatnya langsung. Adapun broker hanya sebagai pelaksana trading ke BEI saja.

Maksudnya bagaimana nih?

Oke, biar lebih jelas, perhatikan skema atau cara kerja reksadana saham berikut ini:

Investor >> Manajer Investasi >> Broker >> Bursa

Adapun jika anda investasi saham langsung, maka alurnya begini:

Investor >> Broker >> Bursa

Jadi jelas sekali kalau reksa itu ibarat kita titip dana ke pengelola modal, dalam hal ini manajer investasi (MI), kemudian dari MI tersebutlah yang memutar uang kita dengan menginvestasikannya lagi ke instrumen yang sesuai dengan jenis reksadana yang mereka tawarkan.

‘Sesuai’ itu maksudnya bagaimana?

Jadi begini, reksa dana itu tidak satu macam. Kurang lebih ada 3 macam jenisnya. Di antaranya adalah reksa dana pasar uang, dana terproteksi, pendapatan tetap, campuran dan saham itu sendiri.

Contoh alur di atas adalah jenis investasi saham dimana kalau langsung maka tidak ada manajer investasi yang jadi perantaranya. Sedangkan, kalau reksa maka ada MI yang jadi pengelola dana kita.

Dengan demikian, jika produk reksadana yang dibeli adalah dari jenis campuran maka model pengelolaan dananya bebas. Si MI tersebut boleh mengelolanya untuk diinvestasikan ke instrumen mana saja.

Nah, dari penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa persamaan antara reksa dana BCA, Mandiri, BNI dan BRI adalah sama-sama berperan sebagai agen saja. Untuk orang yang melakukannya disebut sebagai Wakil Agen Penjual Reksadana (WAPERD).

Dengan kata lain, jenis produk reksadana apa pun yang mereka tawarkan sebenarnya mereka hanya menjual saja. Bukan dari pengelolanya langsung.

Itulah sebabnya, di situs resmi BCA disebutkan:

“Reksa Dana merupakan produk pasar modal dan BUKAN produk BCA dan BCA tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko atas pengelolaan portofolio Reksa Dana.

Kalau pun misalnya BCA mau menidirikan usaha sebagai Manager Investasi, maka tentu tidak akan digabung dengan usaha perbankannya. Biasanya dibuat dalam bentuk anak perusahaan yang terpisah manajemen dan permodalannya.

Perbedaan mereka apa?

Ada persamaan tentu ada perbedaannya. Tapi umumnya yang membedakan hanya syarat pendaftarannya saja. Sedangkan jenis reksa dana yang ditawarkan sama saja.reksa dana bca bni bri mandiri

Di BNI mislanya, seorang nasabah yang ingin bergabung wajib menjadi nasabah bank BNI dulu. Adapun minimum investasi awalnya adalah Rp10 juta dan selanjutnya hanya Rp1 juta saja.

Sedangkan di BCA lebih murah lagi karena minimum pembelian pertama adalah Rp 200 ribu dan selanjutnya Rp 100 ribu. Tapi ini juga tergantung jenis reksa yang dibeli. Bisa lebih dari batasan tersebut.

Bank Mandiri bahkan lebih mudah syaratnya karena hanya dengan modal Rp50ribu sudah bisa mendaftar. Hanya saja, tentu kembali lagi dengan syarat pembelian pada tiap produk reksadana yang ditawarkan dimana biasanya minimal Rp100 ribu.

Adapun di bank Permata dan Commonwealth adalah masing-masing Rp250ribu dan Rp100ribu.

Ya, kembali lagi pada Anda semua selaku pemilik modal. Tapi ada baiknya pilih agen yang betul-betul memberikan pelayanan terbaik.

Di samping itu, market place sekarang ini juga sudah banyak yang menjadi agen penjual reksadan, seperti Bukalapak dan Tokopedia. Silahkan dibandingkan mana yang lebih baik.

Kalau saya sih, pilih yang punya aplikasi jadi bisa melakukan transaksi jual maupun beli produknya secara online, langsung dari hp Android.

Dan terkait syariah tidaknya, maka sebenarnya kembali lagi ke produk reksadana yang dibeli. Apakah memang berbasis syariah atau tidak. Ciri-cirinya biasanya dari namanya ada tertulis embel-embel ‘syariah’, misalnya Danareksa Syariah Saham dan Simas Syariah Unggulan.

Mungkin sekian teman2, kalau ada pertanyaan terkait apa perbedaan dan persamaan reksa dana BCA, Mandiri, BNI dan BRI, silahkan berikan komentar di bawah.

By |Categories: Reksadana|

About the Author:

Semua investasi ilmu dan ikhtiar ini hanya untuk mengabdi pada-Nya, sang Mahatahu. Dan goals terbesarku dalam petualangan di dunia maya adalah membangung lembaga pendidikan Qur’ani, semata menjalankan perintah Iqra'Nya, akar dari segala kesuksesan dunia dan akhirat.

Leave A Comment

[/fusion_text]
BUY AVADA NOW!
[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

This Is A Custom Widget

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.