WA 0895634422166|cs@invesh.id

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian (Buyback)

Bagi anda yang sudah menabung emas di Pegadaian, maka artikel Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian ini perlu anda baca.

Yang menarik dari nabung emas ini adalah karena kita bisa memulai membeli emas tanpa harus cukup 1 gram untuk sekali transaksinya. Istilahnya ‘nyicil emas’.

Selain itu, karena pegadaian saat ini sudah menyediakan aplikasi yang bisa diakses secara online sehingga investor, syariah maupun konvensional, tak perlu lagi datang antri ke kantor cabanynya.

Dan yang terpenting, investasi emas itu minim resiko dan dari tahun ke tahun harganya selalu naik. Itulah sebabnya banyak negara yang menggunakan emas sebagai mata uang mereka.

Bicara soal pengalaman, saya cuma mau bercerita soal perhiasan emas, bukan batangan.

Jadi sebenarnya, kalau dibandingkan berinvestasi emas batangan dan perhiasan, maka lebih baik yang batangan atau murni. Karena, perhiasan saat dijual harganya bisa saja turun karena harus dipotong dengan biaya seperti kerusakan atau pemakaian yang minimalnya 10%.

Penulis sendiri mengalami, kalau jual kembali perhiasan hampir tidak pernah untung. Dan lebih buruk lagi kalau saat beli pilihnya yang ada ‘matanya’, istilah untuk batu mirip berlian yang menempel di dekorasi perhiasan.

Biasanya saat dijual, batu tersebut tidak dihitung, tapi saat dibeli ada harganya juga.

Adapun yang dalam bentuk batangan per gram, umumnya harga jualnya akan mengikuti harga pasaran emas saat itu. Tapi, ya tetap ada biayanya juga.

Syarat Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin menjual kembali emas yang sudah ditabung. Tentunya dari emas menjadi uang tunai.

Dan berikut adalah syarat yang telah dipublikasikan oleh situs resmi Pegadaian:

1. Minimal 1 gram

Untuk bisa menjual kembali atau istilahnya buyback emas yang sudah dibeli secara nyicil atau pun tunai, khususnya emas mulai atau batangan, maka anda harus sudah memiliki minimal 1 gram emas.

Caranya ada dua, yaitu dengan datang langsung ke kantor pegadaian terdekat di kotamu, baik di Surabaya, Makassar, Semarang, Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Kalimatan dan lainnya.

Selain itu, bisa juga lewat aplikasi pegadaian digital di laman ini: https://digital.pegadaian.co.id/.

Tentunya, untuk penggunaan aplikasi tersebut nasabah harus sudah terdaftar dulu. Caranya juga cukup daftar secara online di halaman yang disebut di atas.

2. Saldo tersisa, minimal 0.1 gram

Maksudnya, setelah mencairkan tabungan emasmu ke dalam bentuk uang, maka salto yang tersisa di akunmu harus ada minimal 0,1 gram atau 1/10 gram.

Artinya, kalau mau buyback di pegadaian maka harus ada minimal 1,1 gram emas yang sudah ditabung. Mengingat syarat yang pertama di atas si investor hanya boleh menjual kembali emasnya bila sudah cukup 1 gram.

3. Biaya administrasi

Nah, perlu juga diketahui, dan saya kira hampir semua lembaga punya syarat sepert ini, yaitu biaya administrasi buyback.

Yang penulis ketahui untuk melalui aplikasi Pegadaian Digital saja, yaitu sebesar Rp2.500 untuk sekali transaksi.

Jadi, biaya-biaya ini perlu juga diperhatikan. Jangan sampai kita tidak menghitungnya dan merasa sudah untung. Karena, pada saat membuka rekening kita juga sudah dikenakan biaya, di antaranya:

  1. Biaya buka rekening Rp10.000cara mencairkan tabungan emas pegadaian
  2. Biaya titipan emas selama 12 bln Rp30.000
  3. Pembelian awal sebesar 0.01 gram
  4. Biaya Materai Rp6.000

Dengan kata lain, kalau seseorang investasi emas dengan cara nabung di pegadaian, maka biaya yang harus dikeluarkan dalam setahun adalah sebesar Rp48.500. Ini dari menjumlah semua biaya di atas dan biaya menjualnya kembali.

Maksud dari titipan di atas adalah bahwa emas yang dicicil dan tersimpan dalam administrasi pegadaian dikenakan biaya juga. Ibarat kita nitip barang ke orang lain, jika itu bentuknya bisnis, maka akan ada biayanya juga.

Dan biaya pembelian awal, istilah lainnya deposit, bagi yang menggunakan aplikasi digital maka disyaratkan minimal pembelian awalnya adalah Rp70.000.

Lain halnya lagi kalau misalnya si nasabah mau mengkonversi tabungan emasnya dalam bentuk emas batangan, maka akan dikenakan biaya juga. Berikut daftarnya:

(PT. Antam dan PT. UBS)

  • 1 Gram Rp. 85.000 dan Rp. 40.000
  • 2 Gram Rp. 86.000 dan Rp. 66.000
  • 5 Gram Rp. 127.000 dan Rp. 83,000
  • 10 Gram Rp. 177.000 dan Rp. 111.000
  • 25 Gram Rp. 245.000 dan Rp. 178.000
  • 50 Gram Rp. 516.000 dan Rp. 301.000
  • 100 Gram Rp. 632.000 dan Rp. 507.000

Intinya, saya cuma mau mengingatkan kalau apa pun jenis investasinya pasti ada biayanya. Tinggal pintar-pintarnya pemilik modal menghitung semua biayanya sebelum mulai berinvestasi.

Adapun soal keuntungan, penipuan dan masalah yang terjadi di kemudian hari, semua dikembalikan pada pilihan tempat membuka akun. Saran saya, buat pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan lainnya pilihlah lembaga resmi seperti Pegadaian.

Sepertinya informasi yang teman Invesh cari soal Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian sudah jelas sekali. Tinggal baca dengan seksama dan share artikel ini. Atau kalau mau belajar saham syariah, juga bisa melalui saya. Selamat berinvestasi!

By |Categories: Emas|Tags: |

About the Author:

Semua investasi ilmu dan ikhtiar ini hanya untuk mengabdi pada-Nya, sang Mahatahu. Dan goals terbesarku dalam petualangan di dunia maya adalah membangung lembaga pendidikan Qur’ani, semata menjalankan perintah Iqra'Nya, akar dari segala kesuksesan dunia dan akhirat.

Leave A Comment

[/fusion_text]
BUY AVADA NOW!
[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

This Is A Custom Widget

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.