WA 0895634422166|cs@invesh.id

Arti Buyback Emas Antam di Pegadaian dan Kenapa Harga Jual dan Beli Emas Berbeda?

Banyak teman Invesh yang masih bingung apa defenisi atau Arti Buyback Emas Antam di Pegadaian? Padahal ini pertanyaa yang sangat mudah.

Tapi bukan cuma itu yang akan kita jawab, melainkan terkait soal kenapa harga jual dan beli emas berbeda? dan berapa selisih harga emas jual dan beli.

Pada dasarnya, istilah ini banyak dibahas oleh para investor emas yang melakukan nabung emas di Pegadaian. Karena tentunya, setelah emas itu ditabung dan jumlahnya sudah banyak, maka kita tentunya butuh untuk menjualnya kembali.

Tapi, menjual kembali itu hanya salah satu alternatif. Si pemilik emas bisa juga menarik emasnya dalam bentuk emas batangan murni yang bersertifikat.

Di sisi pencairan ini juga ada plus-minusnya. Plusnya adalah karena kita tidak perlu lagi menanggung biaya penitipan dan minusnya adalah emasnya jadi tidak seaman kalau dititipkan ke Pegadaian.

Arti Buyback Emas Antam di Pegadaian

arti buyback emas antam di pegadaian

Istilah ini berasal dari bahasa Inggris, yaitu ‘buy’ yang berarti ‘membeli’ dan ‘back’ yang artinya ‘kembali’.

Sehingga pengertian secara bahasa adalah ‘membeli kembali emas yang sebelumnya dimiliki.

Adapun defenisinya secara lengkap adalah kegiatan membeli kembali emas yang telah dijual kepada investor dengan selisih harga tertentu dari harga jual pertamanya.

Mungkin ada yang masih bingung, “Kan yang menjual kita, bukan pegadaian?

Ya betul sekali. Pada saat melakukan buyback maka yang berlaku sebagai penjual adalah investor, sedangkan Pegadaian adalah si pembelinya.

Tapi kenapa tidak dinamakan sellback saja?

Seperti sudah saya jelaskan di atas bahwa pada saat kita menjual, maka posisi dari pihak Pegadaian adalah sebagai pembelinya. Dalam hal ini, sekalipun inisiatif menjual itu dari investor, bukan dari Pegadaian, istilah yang digunakan tetap dengan kata ‘membeli kembali’ atau buyback.

Filosofinya, kalau saya membeli barang yang sudah jual sedang yang mau menjual itu inisiatif dari investor emasnya, maka seharusnya saya tidak rugi, tapi untung. Kurang lebih begini kata pihak Gadai.

Itulah sebabnya, muncul pertanyaan, “kenapa harga jual dan beli emas berbeda?”

Ya, kerena yang namanya bisnis pasti selalu mau untung.

Dengan kata lain, kalau teman Invesh beli emas atau nabung emas untuk tujuan jangka pendek sebenarnya tidak untung, tapi rugi. Karena tahukah anda berapa selisih harga emas jual dan beli? Ya, harga jualnya lebih rendah dari harga belinya.

Jadi ruginya, belum bayar biaya administrasi, biaya penitipan, ditambah selisih harga jual yang lebih rendah.

Hanya saja, itu baru berlaku kalau investasinya hitungan bulan. Sedangkan kalau tahunan, anggaplah di atas 3 tahun, maka kemungkinan untung juga ada karena harga emas selalu naik dari waktu ke waktu.

Saya kira, istilah emas batangan, logam mulia, emas murni dan sebagainya di Indonesia sama saja. Semua punya ketentuan yang sama soal buybacknya yang lebih rendah.

Termasuk juga pengalaman jual emas di pegadaian yang sudah banyak diceritakan. Selalu ada plus dan minusnya. Tinggal bagaimana kalkulasinya dilakukan.

Ketentuan buyback

Di Pegadaian, ada beberapa ketentuannya kalau mau menjual kembali emas, di antaranya:

  1. Saldo yang tersisa setelah melakukan buyback adalah harus minimal 0,01 gram.
  2. Jumlah yang dibuyback minimal 1 gram melalui aplikasi Pegadaian Digital atau kantor cabang terdekat.
  3. Bayar biaya administrasi Rp2.500

Dan buat yang mau tau caranya, silahkan baca : Cara Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Yah, mungkin itu saja penjelasan saya soal pengertian / Arti Buyback Emas Antam di Pegadaian. Dan pertanyaan soal kenapa harga jual dan beli emas berbeda? dan selisih harganya sudah terjawab. Bila ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan di bawah.

By |Categories: Emas|Tags: |

About the Author:

Semua investasi ilmu dan ikhtiar ini hanya untuk mengabdi pada-Nya, sang Mahatahu. Dan goals terbesarku dalam petualangan di dunia maya adalah membangung lembaga pendidikan Qur’ani, semata menjalankan perintah Iqra'Nya, akar dari segala kesuksesan dunia dan akhirat.

Leave A Comment

[/fusion_text]
BUY AVADA NOW!
[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

This Is A Custom Widget

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.